Friday, January 4, 2013

APA ARTI : BUKAN KAMU YG MEMILIH AKU, TETAPI AKULAH YG MEMILIH KAMU?


Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
Yohanes  15:16

Seringkali ayat di atas menjadi pembenaran bahwa memang manusia tidak bisa memilih keselamatan yang ditawarkan Allah. 

Mana mungkin manusia yang sudah berdosa memiliki sesuatu yang baik, sehingga dapat memilih anugerah keselamatan yang ditawarkan Allah?

Untuk dapat mengerti secara utuh, maka ayat di atas harus dimaknai secara utuh pula, yaitu ketika Allah berbicara kepada manusia sesaat setelah kejatuhannya pada ayat dibawah ini:

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Kejadian 3:15

Pada ayat Kejadian 3:15 itu terlihat jelas bahwa Allah memilih untuk menyelamatkan manusia, dan bukan memilih untuk menghukumnya. Pilihan Allah untuk menyelamatkan manusia ini karena Allah begitu sangat mengasihi manusia, yang kemudian direalisasikan dengan kedatangan-Nya ke dunia dalam rupa manusia, yaitu Yesus.

Allah adalah Allah yang Maha-adil dan tidak membedakan orang, sehingga Dia memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang. Oleh sebab itu Yesus menegaskan kembali bahwa pilihannya untuk menyelamatkan manusia itu sangat tergantung kepada keinginan manusia itu sendiri apakah mau atau tidak mau diselamatkan. Coba simak baik2 ayat yang sangat berwibawa ini:

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,  sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
Yohanes 3:16

Ketika Allah sudah memilih untuk memulihkan manusia, siapapun itu tanpa memandang muka, maka tindakan selanjutnya adalah dari manusia sendiri apakah mau menerima atau menolak anugerah keselamatan yg Dia tawarkan. Dan ketika ayat itu dihubungkan dengan betapa panjang sabar Allah menantikan setiap manusia untuk bertobat dalam ayat berikut:

Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, 

tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat 
II Petrus 3:9

Maka tidak ada alasan untuk berhenti dari terus memberitakan Injil sampai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali, 
agar seperti yang dikehendaki-Nya "jangan ada yang binasa, tetapi supaya semua orang berbalik dan bertobat".

Allah telah memilih manusia untuk diselamatkan, 
justru pada saat seharusnya manusia dihukum : 
Itulah makna dari “Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu”
"Amazing Grace. "

GBU all.

No comments:

Post a Comment